Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Oleh : Nabilah bt Khalid*

Lebih kurang 5 bulan yang lalu, Indonesia melaksanakan PEMILU (Pemilihan Umum), baik untuk partai dan presiden. Pemilihan dibagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama adalah pemilihan partai dengan anggota dewan rakyat, dan sesi kedua ialah pemilihan untuk presiden dan wakil presiden.

Dari puluhan partai yang tersedia masa itu, hanya satu partai yang menarik bagi saya, menarik dalam artian visi-misi, keanggotaan, komitmen, keanggotaan yang terkenal akan kejujurannya dan lain sebagainya.

Kenapa saya boleh cakap seperti itu?

Ya, PKS ialah salah satu partai Islam di Indonesia, keberadaannya selalu mendapat buah bibir masyarakat. Kenapa islam ikut berpolitik? Indonesia kan negara yang majemuk (terdiri dari 6 agama) jadi adanya partai Islam tidak dibenarkan, Indonesia bukan negara timur tengah yang berlandaskan Al-Quran sebagai landasan negara, jangan buat negeri syariat islam di Indonesia, masya-Allah tragis memang, dan masih banyak lagi. Bagi sebagian orang, yang mereka takutkan mungkin dengan adanya visi PKS secara umum yaitu:

SEBAGAI PARTAI DA’WAH PENEGAK KEADILAN DAN KESEJAHTERAAN DALAM BINGKAI PERSATUAN UMMAT DAN BANGSA.

Dan adanya berbagai misi PKS antara lain :
• Menegakkan amar ma’ruf nahi munkar terhadap kekuasaan secara konsisten dan kontinyu dalam bingkai hukum dan etika Islam.
• Menyebarluaskan da’wah Islam dan mencetak kader-kadernya sebagai anashir taghyir.
• Mengembangkan institusi-institusi kemasyarakatan yang Islami di berbagai bidang sebagai markaz taghyir dan pusat solusi.

Adapun Prinsip-Prinsip Kebijakan dari partai ini ialah:
1. Al-Syumuliyah (Lengkap dan Integral),
2. Al-Ishlah (Reformatif),
3. Al-Syar’iyah (Konstitusional),
4. Al-Wasathiyah (Moderat),
5. Al-Istiqamah (Komit dan Konsisten),
6. Al-Numuw wa al-Tathawwur (Tumbuh dan Berkembang),
7. Al-Tadarruj wa Al-Tawazun (Bertahap, Seimbang dan Proporsional),
8. Al-Awlawiyat wa Al-Mashlahah (Skala Prioritas dan Prioritas Kemanfaatan),
9. Al Hulul (Solusi),
10. Al-Mustaqbaliyah (Orientasi masa depan) dan
11. Al-‘Alamiyah (Bagian dari da’wah sedunia).

Tapi langkah PKS tidak gentar, justru cemoohan itu membuat partai ini semakin kuat. Terbukti dengan kemenangan mutlak PKS pada pemilu th 2004 di daerah Jakarta.

Keanggotaan PKS,
Di saat anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) terkena kasus korupsi, disidang, diadili, tapi sampai saat ini belum terdengar ada anggota DPR dari PKS yang terkena kasus korupsi, subhanallah. Terbukti dengan kinerja mantan ketua MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) Bapak Hidayat Nurwahid yang bersih masa menjabat.

Yang menjadi ketertarikan sendiri bagi saya bahwa dalam tata aturan PKS, adanya keharusan para pejabat publik dari PKS untuk menanggalkan jabatan struktur organisasi. Dan ini perlu di teladani partai-partai lain.
Contohnya:

Ketua umum PKS yaitu Bapak Tifatul Sembiring mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden partai ini, ketika dia diberi amanat oleh Presiden Indonesia untuk menjadi MENKOMINFO (menteri komunikasi dan informasi) pada kabinet periode 2009-2014.
Sementara itu, Ketua DPP PKS Suharna Surapranata yang menjabat sebagai MENRISTEK (menteri riset dan teknologi dalam).

Di saat partai lain sibuk dalam ‘show-off’ kinerja mereka dalam memberi bantuan, tapi lain halnya dengan partai ini. Bahkan PKS selalu menjadi partai pertama apabila adanya bencana alam. Bertindak tegas, cepat dan tepat sasaran.

Semoga Allah selalu menjaga kebersihan PKS, selalu memberikan hidayah dan inayah-Nya . Tetap berjuang PKS. Menjadi partai kebanggaan bangsa Indonesia! Allahu Akbar!

———–———–———–———–

*Penulis adalah
Timb Exco Kebajikan & Akademik
Persatuan Pengajian Islam
PPI UNITEN Sesi 2009/10
Bali, Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: